Mengurai Jenis Jambu Air

Anda suka makan buah? Jika iya, pasti Anda mengenal jambu air. Buah yang satu ini memang cukup populer. Selain rasa yang khas, buah dengan kandungan air yang melimpah ini diminati karena manfaatnya bagi kesehatan yang cukup nyata. Mengkonsumsi buah ini secara teratur, maka Anda akan mendapati kulit yang lebih sehat serta fungsi organ pencernaan yang semakin optimal. Di pasaran, jika Anda jeli, ada beragam jenis jambu air. Masing-masing jambu tersebut dibedakan atas beberapa faktor antara lain warna, bentuk buah, ukuran buah, teknik budidaya, tekstur daging buah dan masih banyak lagi lainnya. Jika dihitung, mungkin jenis jambu air ini akan mencapai angka puluhan. Apa saja? Berikut kami sajikan uraian singkatnya.

Besar Kecil

Jika didasarkan pada ukurannya, maka jenis jambu air umumnya dibagi atas dua kelompok besar yakni jambu air kecil atau Syzygium aqueum dan jambu air besar atau Syzygium Samarangnse. Konon jambu air kecil ini diketahui berasal dari kawasan Asia Teggara. Sayangnya, belum ada penelitian yang menjawab dari Negara mana. Sedangkan jambu besar sendiri telah diakui sebagai tanaman asli dari Indonesia. Salah satu jenis jambu besar asli Indonesia yang telah dikembangkan di Negara lainnya adalah jambu air citra. Jambu dengan signatur buah yang mirip lonceng dan kulit merah mengkilap ini kabarnya ditemukan oleh seorang ahli botani bernama Dr. Ir. Moh. Reza Tirtawinata. Pada perkembangannya, jambu citra ini dikembangkan di Thailand dan menjadi salah satu produk pertanian unggul di sana. Sayangnya, kini jambu citra lebih dikenal dengan sebutan jambu Thailand ketimbang jambu dari Indonesia. Hal ini mungkin karena Thailand lebih serius mengembangkan varietas ini ketimbang Negara kita.

Varietas Jambu Air


Teknologi serta teknik budidaya yang canggih dalam dunia pertanian membuat jenis jambu air semakin hari semakin bertambah. Jadi tak mengherankan jika kita semakin bingung menghitung dan juga membedakannya. Memang secara umum tampilan fisik jambu air sama saja. Namun ada beberapa detil yang membuat jambu ini dibedakan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan macam-macam jambu air yang paling populer dikonsumsi di tanah air. 
 

Jambu Air Kaget: jambu ini memiliki ciri khas warna yang berpadu antara hijau dan merah. Warna yang dominan adalah hijau dan dihiasi semburat warna kemerahan. Rasa jambu air kaget ini sangat manis. Adapun bobot buahnya bisa mencapai 50 sampai 75 gram. Buah ini cukup unik sebab kadang dijumpai dengan biji dan lebih sering juga tidak. Jika dibudidayakan, ia kaan berbuah 2 tahun sejak ditanam. 
 


Jambu air black diamond: jambu yang satu, sama seperti namanya, memiliki warna merah yang pekat sehingga tampak menghitam. Rasanya sangat manis. Adapun bobotnya bisa mencapai 150 gram per buah. Ia tak memiliki biji dan juga berbuah 2 tahun setelah ditanam. 
 


Jambu air citra: Jambu yang satu ini merupakan buah asli Indonesia. Ia memiliki warna buah merah tua dan bentuknya seperti lonceng kecil. Bobot per buahnya bisa mencapai angka 200 gram. Ia didominasi jenis yang tak berbiji dan mulai berbuah setelah 2 tahun masa penanaman. 
 

Jambu air Pink Rose Apple: Buah ini memiliki perpaduan warna kulit yang unik. Warna yang mendominasi adalah pink atau merah muda dengan semburat warna hijau yang samar. Bobot buahnya bisa mencapai angka 300 gram. Rasanya sangat manis dan segar. Istimewanya, kadar airnya cukup tinggi. Jika dibudidayakan, ia mulai berbuah di usia 2 tahun.


Jambu air king rose apple: buah ini memiliki warna merah muda atau pink. Bobotnya bisa mencapai 350 gram. Ia ditemukan tanpa biji dan rasanya sangat manis pun segar.

Selain yang disebutkan di atas, pada dasarnya masih ada beragam jenis jambu air lainya. Selebihnya bisa Anda simak sendiri di gambar berikut ini: 
 
Jambu Air Jamaica
Jambu Air Bangkok
Jambu Air Irung Petruk
Jambu Air Tangkweh
Jambu Air Bunton 3 hijau
Jambu Air Bunton 6 Merah
Jambu Air Red Rose Apple
Jambu Mawar
Jambu Air Kancing Mutiara
Jambu Air Thongsamsi